Thursday 19 March 2015

Tantangan Bisnis Global



TANTANGAN BISNIS GLOBAL

Melalui beberap medil seperti TV, radio, media social, internet, dan sli sebagainya, kita selalu dapat menyimak berita tentang bisnis internasional. Bisnis yang bersifat internasional ditandai dengan bisnis yang dilakukan oleh beberapa Negara. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan bisnis yang jangkauannya melampaui batas – batas wilayah Negara. Meleburnya batas – batas wilayah tersebut merupakan sebuah tanda bahwa kita telah masuk ke dalam era bisnis global.
Dalam bisnis internasional, terdapat beberapa tantangan bisnis global yaitu:
a.      Dynamic
Lingkungan bisnis global yang cepat berubah. Lingkungan bisnis yang cepat berubah membuat perusahaan harus selalu menyesuaikan strategi – strateginya untuk mencagai tujuannya. Bahkan dalam menghadapi lingkungan yang selalu berubah, perusahaan harus membuat setrateginya dalam jangka pendek untuk selalu menyesuaikan perubahan tersebut.
b.      Interdependent
Saling mempengaruhi dan membutuhkan. Dalam bisnis global, setiap Negara mempunyai peran tertentu terhadap Negara lain. Dengan adanya peran tersebut, maka setiap Negara dapat mempengaruhi Negara lain. Kerja sama perdagangan dan bisnis yang dilakukan setiap Negara tentunya dapat saling mempengaruhi dan tentunya dilakukan karena adanya saling membutuhkan dari masing – masing Negara yang melakukan perdagangan tersebut. Untuk lebih memahaminya, maka dapat dilihat gambar berikut ini:




c.       Complex
Tantangan bisnis global yang cenderung terus meningkat. Karena bisnis yang dilakukan telah memasuki tingkat global, maka tantangan pun tentu berbeda dengan bisnis yang beroperasi secara domestic. Hal ini tentunya disebabkan oleh beberapa perbedaan dalam hal budaya dan kebutuhan yang ada di setiap Negara. Di sisi lain, perbedaan peraturan dan politik setiap Negara pun tentunya mempengaruhi kompleksitas bisnis global.

Waspodo, A. AWS. & Handaru, A. W. 2012. Bisnis Internasional. Jakarta: Mitra Wacana Media


No comments:

Post a Comment

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI Akuntansi tidak hanya sebagai hitung – hitungan saja. Akuntansi selalu menyesuaikan berdasarkan bidan...