Sunday 29 March 2015

MACAM – MACAM SAHAM PREFEREN



MACAM – MACAM SAHAM PREFEREN

Saham preferen terbagi menjadi beberapa macam di antaranya:
1.      Convertible Preferred Stock
Convertible Preferred Stock addalah saham preferen yang dapat dikonversikan menjadi saham biasa. Untuk menarik minat investor menyukai saham biasa, beberapa saham preferen menambahkan bentuk di dalamnya yang memungkinkan pemegang saham preferen menukar sahamnya dengan saham biasa dengan rasio penukaran yang telah ditentukan. Contoh PT.XYZ mengeluarkan saham preferen sebanyak 10.000 lembar dengan nilai nominalnya Rp10.000. Selembar saham preferen ini dapat dikonversikan menjadi 5 lembar saham biasa dengan nilai nominal Rp1.000. Jika nilai pasar saham preferen sebesar Rp11.000 dan saham biasa sebesar Rp1.500, maka pemegang saham preferen tidak akan mengkonversikan sahamnya karena nilai saham preferen per lembar sebesar Rp11.000 ditukarkan dengan 5 lembar saham biasa mempunyai nilai pasar yang lebih kecil, yaitu Rp 7.500 (5 x Rp1.500). Namun, jika nilai pasar saham biasa sebesar Rp 2.500, maka pemegang saham preferen akan mengkonversikan sahamnya ke saham biasa karena akan mendapatkan nilai saham pasar saham biasa sebesar Rp 12.500 (5 x Rp2.500), atau lebih besar dari nilai saham pasar saham preferen, yaitu Rp 11.000.

2.      Collable Preferred Stock
Collable Preferred Stock adalah saham preferen yang memberikan hak kepada perusahaan yang menerbitkan saham preferen untuk membeli kembali saham preferen tersebut pada waktu dan nilai tertentu. Dalam membeli kembali saham preferen, biasanya harga tebusan untuk membeli kembali saham preferen tersebut lebih tinggi dari nilai nominal sahamnya.

3.      Floating atau Adjusted-rate Preferred Stock (ARP)
Adjusted-rate Preferred Stock adalah saham preferen yang menetapkan sistem pembayaran dividen tidak selalu tetap, dan besar kecilnya dividen yang dibayarkan ditetapkan pada tingkat suku bunga tertentu, misalnya di Amerika Serikat dengan menggunakan patokan harga yang mengacu pada harga yang terjadi pada tingkat suku bunga dan harga perdagangan T-bill. Saham preferen jenis ini merupakan saham inovasi baru di Amerika Serikat yang dikenalkan pada tahun 1982.


Hartono, Jogiyanto. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogjakarta: BPFE-Yogjakarta
Simatupang, Mangasa. 2010.Investasi Saham dan Reksa dana. Jakarta : Mitra Wacana Media

No comments:

Post a Comment

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI Akuntansi tidak hanya sebagai hitung – hitungan saja. Akuntansi selalu menyesuaikan berdasarkan bidan...