Saturday 24 December 2016

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

Akuntansi tidak hanya sebagai hitung – hitungan saja. Akuntansi selalu menyesuaikan berdasarkan bidang yang diperlukan. Misalnya saja akuntansi di pemerintahan akan berbeda dengan akuntansi di perusahaan. Selain itu, akuntansi tidak hanya membuat dan pemyusun laporan keuangan. Lebih lanjut, ada juga pekerjaan akuntansi yang sifatnya independen. Untuk lebih jelasnya, akuntansi memiliki profesi – profesi tertentu.
Profesi di bidang akuntansi meliputi pelaku akuntansi yang disebut sebagai akuntan (Anwar & Trianita, 2012). Ada pun beberapa profesi dalam akuntansi adalah sebagai berikut:
1.      Akuntan internal
Akuntan internal adalah pegawi/karyawan bagian akuntansi di sebuah perusahaan. Akuntan ini memiliki tugas membuat menyusun laporan keuangan, sistem akuntansi, pajak, dan masalah akuntansi lain yang ada di perusahaan.
2.      Akuntan publik
Akuntan yang menjual jasanya ke perusahaan. Kerja dari akuntan ini sifatnya freelance. Akuntan ini disebut juga akuntan eksternal. Ada pun tugas dari akuntan ini adalah audit laporan keuangan, analisis laporan keuangan, audit pajak, dan sebagainya. Sebagai contoh: misalnya Bank ABC ingin menjual saham perdananya atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI), maka Bank ABC dapat meminta kepada akuntan publik untuk mengaudit laporan keuangannya yang diperlukan sebagai syarat untuk melakukan IPO.
3.      Akuntan pemerintahan
Akuntan ini bekerja di lembaga – lembaga pemerintahan seperti kantor BPK, kantor MPR dan lembaga – lembaga negara lainnya.
4.      Akuntan pendidikan

Akuntan pendidikan memiliki tugas mengajarkan akuntansi kepada peserta didiknya, menyusun kurikulum pendidikan akuntansi, dan melakukan penelitian untuk mengembangkan pendidikan akuntansi sesuai perkembangan keilmuan yang ada. Akuntan pendidikan ini adalah mereka yang ahli dalam bidang akuntansi dan bekerja sebagai guru, dosen, dan intstruktur akuntansi.

No comments:

Post a Comment

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI Akuntansi tidak hanya sebagai hitung – hitungan saja. Akuntansi selalu menyesuaikan berdasarkan bidan...