Saturday 21 March 2015

FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NAIK TURUNNYA HARGA SAHAM



FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NAIK TURUNNYA HARGA SAHAM

Selain melalui pembagian dividen, investor juga dapat memperoleh capital gain, yaitu keuntungan dari investasi saham dengan naik turunnya harga saham atau berfluktuasinya harga saham. Naik turunnya harga saham di bursa dipengaruhi juga oleh banyak factor antara lain adanya rumor atau issue serta perbedaan persepsi dari masing – masing investor terhadap kinerja perusahaan go-public sehingga berlaku hukum pasar. Jika investor memperkirakan kinerja perusahaan yang bersangkutan akan membaik di masa mendatang, maka banyak investor akan melakukan pembelian terhadap saham perusahaan tersebut dan selanjutnya harga saham perusahaan tersebut akan naik dan sebaliknya. Sebagai contoh investor memperkirakan kinerja PT. Bank Yudha Bhakti Tbk (BBYB) akan membaik di masa mendatang, maka banyak investor akan melakukan pembelian terhadap saham BBYB tersebut dan selanjutnya harga saham BBYB akan naik.
Terdapat beberapa faktor yang dominan mempengaruhi/menyebabkan harga saham perusahaan go-public naik atau turun antara lain:
1.      Perkiraan Performa Perusahaan
Beberapa faktor perkiraan perubahan performa perusahaan go-public yang mempengaruhi pergerakan harga saham di bursa meliputi perkiraan tingkat laba, earning per share (EPS) dan dividen tunai yang akan dibagikan serta tingkat rasio utang dan rasio nilai buku (PBV):
a.      Perkiraan kebijakan tingkat laba perusahaan dan Divoden Tunai yang dibagikan
Investor cenderung menyukai untuk membeli saham – saham perusahaan go-public yang memberikan dividen dalam jumlah rasio yang besar atau Dividend Pay Out Ratio (DPR). Contoh: Perusahaan A rasio pembagian dividennya sebesar 30%, sedangkan Perusahaan B rasio pembagian dividennya 20%, maka investor lebih menyukai untuk melakukan pembelian pada saham perusahaan A.
b.      Tingkat Rasio Utang dan Ratio Price to Book Value (PBV)
Perusahaan yang sedang tumbuh dan gencar mecari pinjaman – pinjaman untuk pembiayaan investasinya atau pengembangan usaha perusahaan yang konsekuensinya mendorong meningkatnya rasio utang perusahaan yang tinggi. Hal ini dapat mengakibatkan perusahaan dihadapkan kepada risiko yang tinggi juga dalam kemampuan membayar biaya bunga dan cicilan pokok utang. Walaupu rasio utangnya tinggi, perusahaan yang sedang tumbuh dan sangat agresif umumnya diminati banyak investor dan selanjutnya mendorong tingginya permintaan pada saham tersebut, sehingga harga saham perusahaan tersebut akan meningkat tajam. Hal ini dapat menjadikan harga saham tersebut tidak wajar yang diwujudkan dengan rasio PBV yang meningkat melebihi batas – batas kewajaran.

2.      Kebijakan Korporasi yang Dilakukan Perusahaan
Menurut T. Dominic H. Aksi korporasi adalah aksi jajaran manajemen yang dapat mengubah fundamental perusahaan secara signifikan. Beberapa aksi korporasi yang dilakukan perusahaan maliputi right issue, merger, akuisisi, divestasi, dll. Kebijakan korporasi tersebut tentunya dapat mempengaruhi harga saham perusahaan go-public. PT. XYZ berencana untuk untuk mengakuisisi PT.A. Dalam hal ini, PT.A dianggap fundamentalnya kurang baik. Menjelang diadakannya akuisisi, saham PT.A akan cenderung meningkat dan sebaliknya.
Kondisi demikian dapat terjadi karena diperkirakan PT.XYZ diposisikan sebagai perusahaan yang lebih kuat dan tentu pada awal ketika dilakukannya akuisisi permodalan dari PT.XYZ akan tergerus dalam rangka pembiayaan yang terkait dalam mekanisme akuisisi yang dilakukan.

3.      Kebijakan Pemerintah
Beberapa kebijakan pemerintah baik yang bersifat wacana atau pun resmi seperti perpajakan perseroan, kebijakan ekspor-impor, kebijakan PMA, dan lain sebagainya dapat mempengaruhi harga saham perusahaan go-public.

4.      Fluktuasi Nilai Mata Uang
Fluktuasi nilai mata uang juga dapat mempengaruhi harga saham perusahaan di bursa. Sebagai contoh melemahnya rupiah terhadap dollar US$ akan menurunkan IHSG. Artinya harga – harga saham yang diperdagangkan di bursa mengalami penurunan yang drastic, walaupun untuk saham – saham perusahaan yang bergerak di bidang ekspor mungkin harga sahamnya akan meningkat karena meningkatnya pendapatan atau laba yang disebabkan oleh kenaikan dollar US$. Namun, kemungkinan untuk perusahaan yang mempunyai beban utang mata uang asing atau perusahaan importir yang menyebabkan biaya operasionalnya maningkat, maka harga sahamnya pun cenderung terjadi penurunan.

5.      Kondisi Makro Ekonomi dan Politik Keamanan
Kondisi makro ekonomi seperti tingkat inflasi dan  pengangguran yang tinggi serta tidak stabilnya keadaan politik dan keamanan dapat berpengaruh langsung terhadap transaksi perdagangan saham di bursa efek. Sebagai contoh jika politik keamanan di Indonesia memburuk, maka IHSG pun akan cenderung turun.

6.      Tingkat Suku Bunga Perbankan
Secara teoritis, hubungan pergerakan tingkat suku bunga perbankan dan dengan pergerakan harga saham berbanding terbalik. Artinya, jika suku bunga perbankan meningkat, maka harga – harga saham yang diperdagangkan di bursa efek akan cenderung menurun. Terdapat beberapa faktor yang memungkinkan pengaruh fluktuasi bunga perbankan terhadap harga – harga saham di antarnya:
a.       Investor mengalihkan investasinya ke instrument perbankan
Jika tingkat suku bunga perbankan meningkat, maka instrumen perbankan seperti deposito akan lebih profitable sehingga investor dapat mengalihkan investasinya dari saham yang diperdagangkan di bursa efek kepada deposito perbankan
b.      Meningkatnya beban biaya bagi perusahaan
Perusahaan secara umum memiliki utang kepada perbankan sehingga meningkatnya bunga perbankan dapat miningkatkan biaya operasional perussahaan yang pada akhirnya dapat meningkatkan risiko bagi perusahaan

7.      Rumor dan Sentimen Pasar
Rumor dan sentimen dapat mempengaruhi harga – harga saham di bursa efek. Contoh rumor CEO atau Direksi suatu perusahaan go-public dapat secara langsung menurunkan harga saham perusahaan yang bersangkutan.

Simatupang, Mangasa. 2010.Investasi Saham dan Reksa dana. Jakarta : Mitra Wacana Media




4 comments:

  1. Komprehensif dan mudah dipahami. Terima kasih mas Rahmat

    ReplyDelete
  2. forum komunikasi khilafah indonesia.. membahas detil data-data rahasia dan cara bergabung ke jalan jihad http://transparan.org/

    ReplyDelete

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI Akuntansi tidak hanya sebagai hitung – hitungan saja. Akuntansi selalu menyesuaikan berdasarkan bidan...