Sunday 29 March 2015

KARAKTERISTIK SAHAM PREFEREN



KARAKTERISTIK SAHAM PREFEREN

Terdapat beberapa karakteristik saham preferen di antarnya:
1.      Preferen Terhadap Dividen
a.       Pemegang saham preferen memiliki hak untuk mendapatkan dividen terlebih dahulu jika dibandingkan dengan pemegang saham biasa. Sebagai contoh dividen untuk per lembar saham preferen adalah Rp 4.000, maka pemegang saham biasa tidak akan menerima dividen sebelum pemegang saham preferen menerima dividen sebesar Rp 4.000. Selain itu, umumnya dividen yang dibagikan kepada pemegang saham preferen biasanya dinyatakan dalam bentuk persentasi dari nilai nominalnya. Sebagai contoh misalnya dividen untuk saham preferen sebesar 6% dari nilai nominal Rp 10.000, maka dividen tetap yang akan diterima adalah Rp600.
b.      Saham prefren memberikan hak dividen kumulatif, yaitu memberikan hak pemegang saham preferen menerima dividen tahun – tahun sebelumnya yang belum dibayarkan sebelum pemegang saham biasa menerima dividennya. Adapun dividen tahun – tahun sebelumnya yang belum dibayarkan disebut dengan dividend in arrears. Sebagai contoh dividen prefren sebesar 6% dari nilai nominalnya Rp10.000 sudah 4 tahun di arrears, maka pemegang saham preferen mempunyai hak menerima Rp 2.400. Sebagai dividends in arrears selama 4 tahun dan Rp600 untuk dividen tahun sekarang dengan total dividennya sebesar Rp Rp 3.000.

2.      Preferen pada Waktu Likuidasi
Hak preferen pada waktu likuidasi adalah hak saham preferen untuk mendapatkan terlebih dahulu aktiva perusahaan dibandingkan dengan saham biasa pada saat terjadi likuidasi. Namun, jika dibandingkan dengan bond, saham preferen lebih berisiko karena klaim pemegang saham preferen di bawah klaim dari pemegang bond.


No comments:

Post a Comment

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI Akuntansi tidak hanya sebagai hitung – hitungan saja. Akuntansi selalu menyesuaikan berdasarkan bidan...