Friday 16 December 2016

PENGERTIAN UNIT IPO DAN ALASAN PERUSAHAAN MENERBITKANNYA

ALASAN INITIAL PUBLIC OFFERING DISERTAI WARAN ATAU PRODUK DERIVATIF (UNIT IPO)

IPO biasanya dilakukan hanya untuk menerbitkan saham biasa. Namun, seiring berkembangnya instrumen dalam berinvestasi, IPO juga dilakukan dengan tidak hanya menwarkan saham biasa, tetapi juga merupakan sebuah kombinasi antara saham biasa dengan waran atau yang dikenal dengan unit IPO. Apa itu waran?????? Waran merupakan suatu opsi untuk membeli saham pada harga tertentu dan waktu tertentu. Dengan demikian, pemilik waran tersebut memiliki hak untuk membeli saham pada harga pelaksanaan (exercise price) pada waktu tertentu walaupun harga pasar lebih tinggi dari harga pelaksanaan. Dalam unit IPO, waran juga dapat dibagikan secara gratis dan melekat pada saham pada saat perusahaan melakukan penawaran saham perdana sehingga para pelaku pasar berpendapat bahwa waran yang terdapat dalam sebuah unit IPO merupakan pemanis (sweeteners) karena waran juga memiliki nilai dan dapat diperjual-belikan (Okezone.com, 2009). Karena bersifat sebagai pemanis, maka waran dapat berguna untuk mendorong permintaan pada saat IPO.

Menurut Chemmanur dan Fulghieri (1997) dalam penelitiannya, perusahaan - perusahaan yang melakukan penawaran unit IPO adalah perusahaan - perusahaan yang memiliki risiko yang tinggi. Beberapa perusahaan yang masuk dalam kategori berisiko tinggi di antaranya perusahaan – perusahaan yang begerak di bidang bioteknologi, softwer computer, dan kesehatan. Menurut Chemmanur dan Fulghieri (1997) perusahaan - perusahaan yang biasanya melakukan penawaran unit IPO juga merupakan perusahaan - perusahaan yang berusia muda, berukuran kecil, dan juga dipasarkan oleh underwriter yang tidak mempunyai reputasi. Jika dilihat dari data tersebut, tentu perusahaan yang menerbitkan unit IPO ini tergolong perusahaan yang kurang menarik karena tentu perusahaan ini bukanlah perusahaan yang besar dan terkenal. Di sisi lain, perusahaan ini juga belum stabil. Wajar saja saham yang diterbitkan oleh perusahaan ini bisa saja tidak laku di pasar. namun agar sahamnya laku, perusahaan unit IPO juga memaketkan dengan waran sehingga terlihat lebih menggoda jika investor ingin membelinya. How dan Howe (2001) dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa Australian firms with unit IPO (perusahaan Australia yang menerbitkan unit IPO) secara signifikan lebih muda, lebih kecil, lebih berisiko, dan memiliki kepemilikan internal lebih sedikit jika dibandingkan dengan perusahaan – perusahaan Australia yang menerbitkan share-only IPO (IPO tanpa waran).

No comments:

Post a Comment

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI Akuntansi tidak hanya sebagai hitung – hitungan saja. Akuntansi selalu menyesuaikan berdasarkan bidan...