Thursday 22 December 2016

SEJARAH AKUNTANSI

SEJARAH AKUNTANSI

Selain perlu memahami akuntansi dalam kehidupan sehari – hari, ada baiknya juga kalau mengetahui sejarah akuntansi. Hal ini untuk memperluas wawasan dari mana akuntansi itu berasal. Dari mana akuntasi berasal???? Dan siapa tokoh yang terkenal dalam mengembangkan akuntansi???? Mari kita simak sejarah berikut ini….

Pencatatan keuangan sudah dikenal sejak zaman Romawi Kuno dan Mesir. Hal – hal yang dicatat berkaitan dengan kekayaan harta yang dimiliki oleh kerajaan. Hal ini dilakukan ketika mereka melakukan dagang ke luar daerah dan luar Negara mereka. Pada saat itu, pencatatan harta mereka ditulis pada lembaran daun.

Pencatatan tentang kekayaan dilakukan oleh manusia mulai diketahui setelah manusia mengenal uang. Hal ini didukung dengan adanya data sejarah tentang naskah tentang pelajaran pencatatan/pembukuan dengan angka Arab.

Secara umum, lahirnya akuntansi memalui seorang tokoh yang dikenal dengan Bapak Akuntansi. Beliau bernama Lucas Pacioli. Beliau membahas tentang pencatatan dan pembukuan secara berpasang – pasangan, atau yang lebih dikenal dengan double entry system, yaitu debit-kredit melalui bukunya yang berjudul “Summa De Aritmatika, Geometri, et Proportionalita” pada tahun 1494.  Satu sisi di sebut Debit dan sisi lainnya disebut Kredit. Dalam bahasa Latin, debit dikenal dengan istilah debere (percaya/mempercaya) dan kredit dikenal dengan istilah credere (berutang).

Buku karangan Lucas Pacioli ini menginspirasi para ahli untuk mengembangkan akuntansi. Di Eropa sendiri, akuntasi berkembang sangat pesat dengan sistem tata buku kontinental. Awalnya tata buku hanya satu, yaitu tata buku tunggal. Namun, karena kebutuhan semakin kompleks, maka lahirlah sistem  tata buku berpasangan. Selain berkembang di Eropa, tata buku berpasangan juga  berkembang sampai di Amerika. Di Amerika berkembang dengan istilah Anglo Saxon yang sering disebut dengan accounting atau akuntansi. Setelah itu, orang – orang Eropa dan Amerika mengembangkan akuntansi.

Di Indonesia sendiri selama masa kemerdekaan yaitu tahun 1945-an menggunakan sistem yang digunakan oleh Belanda. setelah itu, pada tahun 1960-an baru digunakan sistem akuntansi dari Amerika.


No comments:

Post a Comment

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI Akuntansi tidak hanya sebagai hitung – hitungan saja. Akuntansi selalu menyesuaikan berdasarkan bidan...