Friday 23 December 2016

ELEMEN DARI STATISTIK DAN CARA PENGAMBILAN SAMPEL

ELEMEN DARI STATISTIK DAN CARA PENGAMBILAN SAMPEL

Pengolahan statistik tentu sangat memerlukan data yang digunakan sebagai bahan dalam penelitian. Dengan demikian diperlukan pemahaman terhadap elemen dari statistik. Berikut beberapa elemen dalam statistik.
1.      Populasi
Menurut Sujarweni (2015) populasi merajuk pada sekumpulan orang atau objek yang memiliki kesamaan dalam satu atau beberapa hal dan membentuk dalam suatu riset khusus. Perlu diketahui bahwa populasi yang akan diteliti harus disefinisikan dengan jelas sebelum dilakukan penelitian. Sebagai contoh populasi singa Afrika.
2.      Sampel
Menurut Sujarweni (2015) sampel adalah bagian atau sejumlah cuplikan tertentu yang dapat diambil dari suatu populasi dan diteliti secara rinci. Walaupun demikian sampel tidak selalu menggambarkan suatu populasi dengan sempurna. Sampel selalu diupayakan untuk diambil secara sesistematis mungkin, tetapi selalu saja ada distorsi. Sampel yang diambil harus benar – benar mewakili populasinya.
Untuk melakukan sebuah penelitian, tentunya terlalu banyak jika harus mengambil langsung populasinya. Oleh karena itu, diperlukan sampel. Namun, sampel yang diambil harus mewakili populasinya. Lalu, Bagaimana cara menghitung sampel???????
Berikut adalah contoh perhitungan sampel dengan menggunakan rumus Slovin:

Rumus Slovin adalah sebagai berikut:


        Di mana:
n = ukuran sampel
N = Populasi
e = prosentasi kelonggaran ketidakterikatan karena kesalahan pengambilan sampel yang masih diinginkan.
Sebagai contoh: populasi responden dari Bank XYZ di Jakarta memilki populasi berjumlah 100 orang. Akan diambil sampel untuk penelitian menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kepercayaan 95% dan tingkat error 5%.



= 80 orang.
        Jadi sampel populasi yang diambil dari populasi 100 orang dan tingkat kepercayaan 95% adalah 80 orang.

No comments:

Post a Comment

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI Akuntansi tidak hanya sebagai hitung – hitungan saja. Akuntansi selalu menyesuaikan berdasarkan bidan...