Saturday 25 April 2015

MEMAHAMI BUDAYA DAN EFEKNYA TERHADAP ORGANISASI DALAM BISNIS INTERNASIONAL



MEMAHAMI BUDAYA DAN EFEKNYA TERHADAP ORGANISASI DALAM BISNIS INTERNASIONAL

Seberapa besar pun MNC yang beroperasi di suatu Negara, tentunya MNC tersebut seharusnya tidak mengabaikan keberadaan budaya setempat serta dampaknya terhadap lingkungan bisnis internasional. Jika MNCs mengabaikan budaya di Negara – Negara tempatnya beroperasi, maka cepat atau lambat MNC tersebut tidak akan bertahan lama dan tentunya dapat merugikan MNCs itu sendiri. Banyak riset (Deresky, 2006: p.82) menunjukkan bahwa banyak “kegagalan yang tidak perlu” (blunder) terjadi karena sebab – sebab kurangnya sensitivitas budaya (cultural sensitivity).
Ada pun yang dimaksud dengan sensitivitas budaya atau lebih dikenal dengan empati budaya (cultural empathy) adalah suatu kesadaran serta perhatian tulus atas budaya lain. Sensitifitas semacam itu membutuhkan suatu kemampuan untuk memahami perspektif dan sudut pandang orang lain yang hidup dalam system masyarakat yang juga berbeda.
Menurut Hofstede (1980), budaya (culture) dari suatu masyarakat (society) adalah sejumlah kesamaan (shared) pada nilai – nilai (values) yang melandasi perilaku bersama, asumsi – asumsi (assumptions) akan sebab – akibat, serta tujuan – tujuan (goals) bisnis yang dipelajari dari generasi sebelumnya, diterapkan oleh generasi sekarang, serta diturun – temurunkan kepadagenerasi berikutnya. Cara pandang yang sama ini menyebabkan adanya kesamaan dalam sikap – sikap, aturan – aturan pelaksanaan, serta ekspektasi yang secara tidak sadar (subconsciously) mengarahkan dan mengendalikan norma – norma perilaku.
Para manajer bisnis internasional yang ditempatkan pada anak perusahaan di Negara lain perlu mengetahui bahwa mereka akan berhadapan dengan perbedaan – perbedaan perilaku, baik yang kecil maupun yang besar, di antara individu dan kelompok di dalam organisasinya.
Deresky (2006: p.84) memetakan 4 variabel yang mempengaruhi perilaku kerja individu dan kelompok karyawan suatu organisasi:
1.      Sikap (attitudes)
a.       Pemaknaan terhadap kerja
b.      Penghargaan terhadap waktu
c.       Cara pandang materialisme
d.      Kebebasan individual yang dihargai
e.       Sikap terhadap perubahan
2.      Variabel Budaya (cultural variables)
a.       Nilai – nilai
b.      Norma – norma
c.       Keyakinan
3.      Variabel Nasional (national variables)
a.       Sistem ekonomi
b.      Sistem hukum
c.       Sistem politik
d.      Sutuasi fisik
e.       Kemampuan teknologi
4.      Variabel sosiobudaya
a.       Peran agama dankekuatan keyakinan
b.      Tingkat dan penghargaan terhadap pendidikan
c.       Tingkat penguasaan tata bahasa

Efek budaya pada fungsi – fungsi manajemen akan sangat terlihat ketika suatu pihak akan menerapkan nilai dan sistemnya sendiri kepada masyarakat lain, bahkan dalam suatu organisasinya. Perbedaan hingga pertentangan dapat timbul dari interaksi yang tidak dilandasi oleh pendekatan untuk saling memahami yang sering muncul dari sikap menilai masyarakat dari sudut pandangs endiri. Jika ini terjadi, maka hal ini dapat merugikan suatu organisasi itu sendiri. Pada akhirnya dapat memecah belah organisasi itu sendiri.
Cara mengukur serta menilai masyarakat lain yang secara tidak sadar menggunakan titik acu dari budaya sendiri disebut dengan criteria referen sidiri (self-reference criterion).

Langkah pertama bagi para manajer bisnis internasional untuk memahami budaya masyarakat lain adalah dengan pertama – tama memahami budaya sendiri. Setelah memahami budaya sendiri, maka langkah berikutnya bagi para manajer untuk membangun hubungan lintas budaya (Cross-cultural) secara efektif adalah mengembangkan sensitivitas budaya. Pada tahap kedua ini, para manajer tidak hanya memahami variable budaya berikute feknya pada perilaku kerja, tetapi perlu menghargai (appreciate) keragaman budaya (cultural diversity) serta sadar untuk mampu membangun hubungan kerja yang bina bangun (constructive relationship) di mana pun ditugaskan.

Waspodo, A. AWS. & Handaru, A. W. 2012. Bisnis Internasional. Sebuah pendekatan kultural. Jakarta: Mitra Wacana Media

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI Akuntansi tidak hanya sebagai hitung – hitungan saja. Akuntansi selalu menyesuaikan berdasarkan bidan...