Sunday 17 May 2015

ENAM ISTILAH PENTING TERKAIT INVESTASI SAHAM



ENAM ISTILAH PENTING TERKAIT INVESTASI SAHAM

Dalam hal berinvestasi saham, terkadang ada beberapa istilah baru yang kita dapati. Istilah – istilah ini cukup asing kedengarannya karena memang belum pernah diketahui sebelumnya. Untuk menunjang aktivitas berinvestasi di pasar modal, para investor harus memahami istilah – istilah terkait dengan investasi saham. Ada pun beberapa istilah – istilah tersebut meliputi:
1.      Agio Saham
Agio saham adalah selisih antara harga saham perusahaan pada saat Initial Public Offering (IPO) atau saham perdana dengan nilai nominal. Biasanya nilai nominal lebih kecil pada saat penawaran perdana. Contoh: nilai nominal saham Rp100 per lembar saham dengan jumlah saham yang dijual sebanyak 20 Juta dan dijual di pasar perdana sebesar Rp200 per lembar.
20.000.000 x Rp 200 = Rp 2.000.000.000
20.000.000 x Rp 100 = (Rp 1.000.000.000)
Agio saham                   Rp 1.000.000.000

2.      Outstanding Share
Outstanding Share adalah saham perusahaan go-public yang beredar di masyarakat atau saham yang dimiliki para investor publik.
3.      Authorized Share
Authorized Share adalah jumlah saham maksimal yang boleh diterbitkan perusahaan berdasarkan akta atau anggaran dasar perusahaan, serta sesuai dengan undang – undang perseroan terbatas.
4.      Treasury Stock
Treasury Stock adalah saham perusahaan go public yang pada awalnya sudah ditawarkan dan dimiliki investor public namun dalam perjalanan waktu dibeli kembali oleh perusahaan yang bersangkutan untuk berbagai tujuan.
5.      Bid Price
Bid price adalah harga saham yang ditawarkan oleh seorang investor public ketika akan melakukan pembelian. Investor yang mengajukan bid price lebih tinggi akan diprioritaskan dalam system perdagangan saham di Bursa Efek. Jika diperhatikan, maka sisi bid price adalah harga saham pada sisi pembeli.
6.      Ask price
Ask price adalah harga yang ditawarkan investor untuk dijual. Ask price yang terendah akan diprioritaskan dalam system perdagangan saham di Bursa Efek.

Simatupang, Mangsa. 2010. Investasi Saham dan Reksa Dana. Jakarta: Mitra Wacana Media



1 comment:

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI

RANGKUMAN PROFESI DALAM AKUNTANSI Akuntansi tidak hanya sebagai hitung – hitungan saja. Akuntansi selalu menyesuaikan berdasarkan bidan...